7 Serial Anime Terkenal yang Sempat Dilarang Tayang di Indonesia

21 February 2019 by
7 Serial Anime Terkenal yang Sempat Dilarang Tayang di Indonesia

Jepang memang terkenal banget dengan serial anime terbaiknya. Beberapa serial anime terkenal juga sempat masuk ke Indonesia dan ditayangkan oleh berbagai stasiun televisi swasta. Namun karena semakin ketat aturan penayangan di Indonesia, beberapa serial anime terbaik Jepang sempat dilarang tayang di Indonesia.

Nggak cuman itu, serial anime tersebut beberapa bahkan sangat terkenal di dunia dan sudah lama tayang di layar kaca Indonesia. Sayangnya, anime tersebut harus tutup usia di dunia pertelevisian Indonesia.

Berikut 7 Serial Anime Terkenal yang Sempat Dilarang Tayang di Indonesia

Serial anime tersebut dilarang tayang karena dianggap nggak cocok untuk ditonton oleh para anak-anak karena bisa menimbulkan efek negatif. Di bawah ini adalah daftar serial anime terkenal yang sempat dilarang tayang di Indonesia.

Death Note

Death Note
www.inverse.com

Serial anime Death Note merupakan serial anime yang bergenre psikologi horor yang berhubungan dengan Dewa Kematian. Anime ini juga memiliki manga seri yang ditulis oleh Tsugumi Ohba. Serial anime ini menceritakan seorang siswa jenius dengan buku yang bisa membunuh nyawa siapa saja yang namanya tertulis di buku tersebut.

Death Note awalnya ditayangkan di Indonesia oleh stasiun TV SCTV dan Global TV. Popularitas Death Note memang sangat tinggi, namun pada akhirnya dilarang tayang oleh KPI karena terlalu banyak adegan pembunuhannya.

Adegan-adegan tersebut nggak pantas dilihat oleh anak-anak. Tapi buat kamu yang masih ingat, Death Note pernah tayang dini hari di stasiun tv di atas.

Air Gear

Air Gear
www.funimation.com

Mungkin nggak banyak yang tahu serial anime satu ini dilarang tayang di Indonesia. Bercerita tentang Itsuki “Ikki” Minami dan kawan-kawan yang memiliki teknologi semacam sepatu roda bernama A.T. Air Gear merupakan serial anime yang sempat tayang di Indosiar.

Alasan pelarangan serial anime ini adalah penampilan para karakter di dalamnya yang lumayan berpakaian minim dan cenderung bergenre ecchi. Walaupun begitu, Indosiar tetap menayangkan Air Gear sampai tamat dan menampilkan seluruh episodenya kecuali episode OVA.

Detective Conan

Detective Conan
kaltim.tribunnews.com

Serial anime terkenal satu ini sudah jelas dikenal di Indonesia. Nggak cuman dari serial animenya aja, Detektive Conan juga memiliki serial manga, film, OVA hingga video game yang populer di Indonesia.

Anime yang berkisah tentang detektif SMU yang berubah menjadi anak SD karena ulah organisasi hitam ini pernah ditayangkan di Indosiar dan SCTV sejak tahun 1997 sebelum akhirnya dilarang tayang.

Alasannya adalah karena serial tersebut dianggap memiliki unsur kekerasan dan penjelasan bagaimana pembunuhan bisa terjadi sehingga dikhawatirkan pembunuhan tersebut bisa ditiru oleh orang-orang yang menontonnya. Walaupun katanya dilarang, nyatanya beberapa kali kita bisa melihat Detective Conan the Movie tayang beberapa kali di Indosiar saat musim liburan.

Crayon Shinchan

Crayon Shinchan
sevenpie.com

Mungkin serial anime satu ini memang layak buat dilarang tayang karena memang beberapa adegannya memiliki kekerasan atau bahkan nggak mendidik. Versi komiknya sendiri juga sudah memiliki label untuk 15 tahun ke atas, jadi wajar jika versi animenya pun cukup memiliki konten yang nggak cocok untuk anak-anak.

Serial anime terbaik satu ini sempat hilang dari stasiun tv di Indonesia sebelum muncul kembali beberapa waktu dengan cerita baru, yaitu Shinchan memiliki adik bernama Himawari. Tapi episode tersebut nggak tayang cukup lama karena ratingnya nggak memenuhi target.

InuYasha

InuYasha
www.justwatch.com

Serial anime ini juga tayang di Indosiar sekitar tahun 2007-an setelah Detective Conan, menceritakan tentang petualangan gadis berusia 15 tahun bersama manusia setengah siluman bernama Inuyasha untuk mengumpulkan pecahan bola empat arwah.

Serial anime ini sempat dilarang tayang karena memiliki unsur kekerasan yang tinggi dan pembantaian dengan pedang, sehingga dianggap nggak mendidik jika ditonton oleh anak-anak.

Bleach

Bleach
www.klab.com

Nasib serial anime satu ini nggak jauh beda dengan Inuyasha. Anime satu ini juga sempat tayang di Indosiar.

Sebelum akhirnya hilang tiba-tiba. Bleach menceritakan kisah Kurosaki Ichigo dan Rukia Kuchiki yang merupakan seorang shinigami (dewa kematian) yang harus mengalahkan musuh-musuhnya.

Sama seperti alasan pada Inuyasha, Bleach dianggap memiliki tayangan yang cukup menampilkan adegan kekerasan dan karakter yang vulgar. Anime yang biasanya tayang selama satu jam ini masih diberi keringanan dengan durasi penayangan dipotong menjadi setengah jam, sebelum akhirnya hilang dari peredaran.

One Piece

One Piece
www.attractionsmanagement.com

Serial anime satu ini nggak kalah terkenalnya dengan daftar serial anime di atas. One Piece merupakan salah satu anime yang memiliki episode terpanjang.

Anime yang mengisahkan tentang bajak laut Luffy dan kawan-kawan ini sempat tayang di RCTI dan Global Tv dengan durasi berjam-jam sebelum akhirnya berakhir.

Alasan sempat dilarang? Karena selain menampilkan banyak adegan kekerasan, One Piece juga memiliki karakter-karakter cewek yang cukup seksi.

Itu tadi 7 serial anime terkenal yang dilarang tayang di Indonesia. Selain daftar serial anime di atas, masih ada anime seperti Naruto dan Dragon Ball yang juga sempat dilarang. Namun kedua anime ini berhasil tayang kembali dengan banyak adegan yang dipotong atau di sensor. Kalau begini, jadi kangen sama serial anime yang pernah tayang di Indonesia.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

4841 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Surya Adi 20 May 2019 | 15:49:29

wah sayang sekali padahal alur ceritanya aq belum liat

Krystal Jung 20 May 2019 | 14:10:56

iya padahal filmnya sangat lucu dan menghibur

Dany Mulya 19 May 2019 | 21:46:03

sayang skali saya suka anime one punch man

Jalan Pintas 19 May 2019 | 21:20:53

iya padahal bagus daj seru animenya lho

Suporter Bola 19 May 2019 | 12:27:22

wah sayang baget sekali yaksn gsn

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top