home ×
Games

Ilmuwan Ungkap “Isi Otak” Orang yang Suka Main Pokemon

08 May 2019 By
Ilmuwan Ungkap “Isi Otak” Orang yang Suka Main Pokemon
Telset

Dengan memindai otak orang dewasa yang suka bermain Pokémon ketika masih anak-anak, para peneliti mengetahui bahwa kelompok orang tersebut memiliki wilayah otak yang lebih merespon karakter kartun daripada gambar lain.

Lebih penting lagi, metode penelitian yang menarik ini telah memberi kita wawasan baru tentang bagaimana otak mengatur informasi visual. Para peneliti merekrut 11 orang dewasa yang “berpengalaman” bermain game tersebut sejak usia lima dan delapan tahun.

Selanjutnya, mereka memindai otak para peserta sambil menunjukkan gambar-gambar dari 150 Pokémon asli (dalam putaran delapan) bersama gambar-gambar lain, seperti binatang, wajah, mobil, kata-kata, koridor, dan kartun lainnya.

{Baca juga: Waah.. Ada Shiny Diglett di Pokemon Go Saat Earth Day}

Untuk pemain yang berpengalaman, wilayah tertentu lebih merespon game tersebut daripada gambar lain. Untuk pemula, yang disebut sulkus oksipitotemporal dan sering memproses gambar binatang, tidak menunjukkan preferensi untuk game tersebut.

Tidak mengherankan bahwa bermain game buatan Niantic itu berjam-jam sebagai seorang anak akan mengakibatkan perubahan otak. Ternyata, otak memiliki kluster sel yang merespons gambar tertentu.

Misteri yang lebih besar adalah bagaimana otak belajar mengenali gambar yang berbeda. Rekan penulis studi, Jesse Gomez, seorang rekan pascadoktoral dalam bidang psikologi di University of California di Berkeley, terinspirasi oleh jenis penelitian tentang monyet ini.

{Baca juga: Ilmuwan Teliti Otak Buaya Pakai MRI dan Musik Klasik}

“Mengajar stimulus visual baru adalah proses yang dikontrol secara cermat. Untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan data yang bersih, Anda harus menunjukkan semua subjek gambar yang sama dengan kecerahan yang sama,” terangnya. [BA/HBS]

Sumber: The Verge 

Artikel Ilmuwan Ungkap “Isi Otak” Orang yang Suka Main Pokemon dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Bantu kami agar dapat mengenal kalian lebih baik dengan mengisi survei di sini

1422 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Bisnis Online 24 October 2019 | 11:50:05

game pokemon tuu bsa merusak otak

Satria Kelana 15 October 2019 | 19:54:33

saya tidak begitu tau dengan game ini

Miskin aman 14 October 2019 | 16:03:51

sebaiknya jangan terlalu di lebih lebihkan untuk game

DimasHardstyle 13 October 2019 | 08:07:04

berarti game pokemon itu bisa mempengaruhi semua orang

Agung Mulyawandi 24 September 2019 | 10:51:13

berarti game pokemon bisa mempengaruhi kinerja otak

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id

Related Article