Raup Rp 33,7 Triliun, Fortnite Kuasai Industri Game 2018

11 February 2019 by
Raup Rp 33,7 Triliun, Fortnite Kuasai Industri Game 2018

Game Fortnite menjadi jawara di industri game di kategori game gratis untuk tahun 2018. Menurut analisis dari perusahaan riset pasar SuperData, game buatan Epic Games tersebut meraup pendapatan tertinggi sebanyak $ 2,4 miliar atau setara Rp 33,7 triliun.

Dilansir Telset.id dari CNET pada Senin (11/02/2019), SuperData telah merilis daftar 10 game gratis yang mendapat penghasilan terbesar di sepanjang tahun 2018.

Selain Fortnite yang berada di urutan pertama, ada juga game Dungeon Fighter Online buatan Nexon dengan pendapatan $ 1,5 miliar atau Rp 21 triliun, dan League of Legends buatan Riot Games dan Tencent’s yang berada di posisi ketiga dengan pendapatan $ 1,4 miliar atau Rp 19,6 triliun.

Selain kategori game gratis, SuperData juga merilis daftar game berpendapatan tertinggi untuk kategori PC dan game konsol premium di tahun 2018.

{Baca juga: Jumlah Pemain Fortnite Hampir Sebanding Populasi Indonesia}

Sumber: SuperData

Untuk kategori ini, game PlayerUnknow Battlegrounds (PUBG) dari pengembang Bluehole mendapat penghasilan tertinggi dengan kisaran hingga mencapai $ 1,03 miliar atau Rp 14,4 triliun.

Setelah PUBG, di urutan kedua ada game FIFA 18 besutan Electronic Arts (EA) dengan pendapatan sebesar $ 790 juta atau Rp 11 triliun, dan urutan selanjutnya ada Grand Theft Auto V (GTA) dengan pendapatan $ 628 juta atau Rp 8,8 triliun.

Sumber: SuperData

Sementara untuk pasar streaming game, laporan SuperData menyebutkan bahwa layanan Twitch adalah platform streaming video game paling banyak meraup untung, dengan pendapatan mencapai $ 1,6 miliar atau Rp 22,4 triliun.

Dengan mengantongi pendapatan sebesar itu, Twitch berhasil melampaui pendapatan yang diraih YouTube sekitar 33 persen, meskipun Twitch memiliki audiens yang jauh lebih kecil.

Layanan streaming lainnya seperti Tyler Blevins alias Ninja, juga meraup hampir $ 10 juta atau Rp 140,4 miliar di tahun lalu, berkat Fortnite dan platform streaming seperti Twitch dan YouTube.

Seperti diketahui bahwa Ninja memiliki lebih dari 20 juta pelanggan di YouTube dan lebih dari 12,5 juta pengikut di layanan streaming video Twitch.

{Baca juga: Wuihh! Ada Konser DJ Marshmello di Fortnite}

Selain itu, karena kesuksesan besar Fortnite, SuperData meramalkan bahwa video game akan menjadi multiplatform pada tahun 2019. Peluncuran jaringan seluler 5G juga akan membantu pengembang menawarkan lebih banyak layanan cloud gaming. [NM/HBS]

 

Artikel Raup Rp 33,7 Triliun, Fortnite Kuasai Industri Game 2018 dan info teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.

Apa Reaksi Anda ?

Love
100%

Suka

Laugh
0%

Lucu

Surprised
0%

Kaget

Sad
0%

Sedih

Angry
0%

Marah

8645 Comments in this article

Tunggu Sebentar Ya...

Submit
Kiki Denggol 26 June 2019 | 19:57:20

jangan di banyakin game gk baik buat anak anak

Egen Guru 26 June 2019 | 10:55:30

banyak banget uang nya

Maulana Al-Isfahany 26 June 2019 | 08:42:54

jangan di banyakin game gak baik buat anak anak.

naaa taaa 25 June 2019 | 16:16:27

banyak banget sampai 33,7 triliun

Monicca Shand 20 June 2019 | 15:44:38

sampe 33,7 triliun?hebat banget jadi pengin kaya gitu deh

Load More Comments
Contact Us:
Redaksi: redaksi@uzone.id
Sales: sales@uzone.id
Marketing: marketing@uzone.id
Partnership: partnership@uzone.id
To Top